Selamat Datang & Selamat Membaca

Minggu, 14 Mei 2017

Makanan khas Kuningan

MAKANAN KHAS KUNINGAN

1. Kupat Tahu
image
Kupat tahu atau kata lainnya hucap adalah singkatan dari tahu kecap. Kupat tahu merupakan kuliner khas Kuningan yang penyajiannya mirip dengan ketoprak namun yang membedakannya kupat tahu hanya terdiri dari ketupat potong dan tahu kopeci goreng khas kuningan yang dipotong-potong lalu diberi bumbu kuah kacang kental, kecap manis dan taburan bawang merah goreng. Tidak sulit menemukan pedagang hucap di Kuningan, Anda bisa berkunjung ke Hucap Mak Iroh atau Mih Iroh di jalan Dewi Sartika, Hucap Mirasa atau mendatangi Pasar Cilimus untuk makan Hucap Mang Ii.

2. Tahu Lamping /Tahu Kopeci
image
Tahu lamping (atau dikenal juga sebagai tahu kopeci) adalah tahu asli Kuningan. Kuliner khas Kuningan yang satu ini konon lebih lezat daripada tahu sumedang. Kebiasaan disini paling enak makan tahu lamping dengan lontong.image
Selain memang disini disediakan oleh penjual tahu lamping dan diminum dengan suke/susu kedelai segar yang dingin. Untuk membeli tahu lamping, Anda bisa menemukannya di daerah Pesapen, Kuningan. ( Nantikan artikel SukaDapur selengkapnya tentang tahu kopeci).
3. Nasi Kasreng
image
Bagi masyarakat Kuningan khususnya yang berada di daerah Luragung Cibingbin, nasi kasreng merupakan salah satu hidangan favorit yang murah meriah. Mirip seperti makan di warteg/ warung nasi yang menjual rupa-rupa masakan dan sayuran, sebut saja aneka pepes ikan sambal, pepes ati ampela, tumis jamur, sayur lodeh, ikan parai goreng, rebon, aneka gorengan serta sop buntut yang menjadi favorit warga Kuningan tersedia dan sungguh sangat menggugah selera makan. Ditambah suasana pedesaan yang asri, sejuk dan pemandangan alam pedesaan dengan hamparan sawah yang membentang membuat semakin nikmat menyantap hidangan sederhana ini. Anda bisa menemukan warung nasi kasreng disepanjang jalan raya Luragung Cibingbin, 30 menit ditempuh dari kota Kuningan. Salah satunya Nasi Kasreng Bu Kasrih.
4. Sop Buntut Bakar
Sop buntut bakar adalah salah satu kuliner favorit khas Kuningan. Rumah Makan sop buntut bakar bisa Anda temui di Saung Lesehan Kuningan, Jalan Raya Kuningan – Cirebon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana.
5. Rujak Kangkung
image
Salah satu kuliner khas Kuningan yang cukup unik adalah rujak kangkung. Jika biasanya rujak identik dengan buah-buahan, maka ini yang dirujak adalah kangkung. Berbahan utama daun kangkung segar rebus yang renyah dan disiram dengan saus sambal manis pedas. Anda bisa menemukan Rujak Kangkung Ibu Deni di desa Cipondok, kecamatan Cibingbin Kuningan
Simak terus SukaDapur yang akan membahas oleh-oleh aneka camilan khas tradisional yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Kuningan besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...