Selamat Datang & Selamat Membaca

Jumat, 12 Mei 2017

Makanan khas Ciamis

 MAKANAN KHAS CIAMIS

1. Pindang Gunung Khas Ciamis


makanan khas ciamis pindang gunung
Wisatatraveler.com
Pindang gunung merupakan salah makanan khas ciamis, jenisnya seperti sop ikan yang memiliki rasa berbeda karena campuran bumbu yang di pakai sangat khas. Makanan pindang gunung sangat banyak jumpai di daerah Ciamis selatan, khususnya daerah Pangandaran, Cijulang, Parigi dan Cimerak.
Biasanya jenis ikan yang dipakai untuk membuat masakan pindang gunung adalah ikan kakap, kakap merah, ikan mangmung, tongkol dan carwang. Campuran bumbu yang digunakan pun bermacam-macam seperti jahe, bawang merah, kunyit, bawang putih, honje, kedondong muda, dan kencur. Seiring berkembangnya zaman Rasa dari pindang gunung sudah banyak di variasikan ada yang pedas asam dan gurih.

2. Sale Pisang Khas Ciamis


makanan khas ciamis sale pisang
Novreza’s.BlogSpot.com
Sale pisang sudah sangat umum di berbagai daerah yang membedakan makanan khas ciamis dengan yang lainnya adalah dibuat menggunakan bahan dasarnya pisang ambon asli dari ciamis. Rasa sale pisang sangat enak, manis dan memiliki kelezatan yang berbeda, Sale pisang ini sangat awet karena di kemas dengan rapih. Menurut beberapa situs yang saya baca  sale pisang khas ciamis sudah terkenal dan di jual di manca negara.

3. Abon Sapi Khas Ciamis


makanan khas ciamis abon sapi
abonasli.com
Dendeng sapi khas ciamis sudah sangat lama dikenal dikalangan masyarakat indonesia, kualitas rasa yang di miliki sangat khas,lezat dan gurih. Abon sapi dibuat dari bahan daging sapi berkualitas sehingga rasa yang dihasilkan membuatnya menjadi enak gurih. Salah satu merek Abon Sapi yang sangat terkenal salah satunya adalah merk Rajawali.
Pemilik dari merk ini adalah ibu H. Iloh. Banyak sekali pengunjung ataupun masyarakat dari ciamis sendiri yang suka dengan abon sapi ini. Jenis makanan yang satu ini cocok jika disandingkan dengan lauk dan berbagai macam menu makanan lainnya.

4. Galendo Khas Ciamis


makanan khas ciamis
tokopedia.com
Makanan khas kota ciamis yang selanjutnya adalah galendo, makanan ini sudah lama menjadi salah satu makanan khas kota Ciamis. Galendo juga menjadi salah satu makanan yang di cari para wisatawan. Galendo dibuat menggunakan bahan dasar sari pati kelapa yang mengendap ketika proses pembuatan dan pengolahan minyak kelapa berlangsung.
Seiring berkembangnya zaman rasa yang dimiliki galendo semakin bermacam macam, lezat dan gurih. Karenanya jika kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung keciamis. Makanan ini bisa dijadikan sebangai oleh-oleh untuk diberikan keluarga ataupun kerabat di dekat rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...