Selamat Datang & Selamat Membaca

Jumat, 12 Mei 2017

Makanan khas Karawang

 MAKANAN KHAS KARAWANG

1.Sorabi Hijau Rengasdengklok (Sorabi Kuntilanak)
makanan khas karawang sorabi kuntilanak
Siapa yang belum mencicipi sorabi hijau Rengasdengklok? Belum lengkap bagi Anda yang hobi kuliner khususnya orang Karawang jika belum mencicipi makanan yang mempunyai rasa khas dibanding sorabi yang dijual di tempat lain.
Dengan bahan tambahan alami berupa daun suji, sorabi ini telah terkenal sebagai makanan khas dari Rengasdengklok Karawang. Dari kalangan pejabat, masyarakat biasa hingga mereka dari luar negeri pun pernah mencicipi makanan khas Karawang ini.
Sorabi hijau buatan bapak M. Kasim ini, pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Sorabi hijau ini dikenal juga dengan nama sorabi kuntilanak, karena tempat jualannya berada di depan pemakaman umum.Untuk menikmatinya, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 25000 per pack, isinya 10 biji. Sorabi ini tidak mengggunakan bahan pengawet, adapun warna hijau pada sorabinya berasal dari daun suji yang menjadi ciri khas dan menghasilkan aroma wangi yang khas.
Sorabi ini enak dimakan bersama cairan gula yang disediakan dengan dua rasa, rasa durian dan gula merah biasa. Rasa durian yang paling banyak di minati oleh pengunjung karena aromanya sangat khas yaitu aroma durian. Bapak Kasim selaku ownernya menjamin bahwa untuk gula ini pun Ia tidak menggunakan zat perasa, akan tetapi asli dari durian dan gula merah. Kelebihan lainnya yang juga menjadi ciri khas baik dalam pembuatannya maupun aroma rasanya adalah bahan bakarnya yang dari kayu dengan cetakan tradisional dari dari tanah liat.
2.Opak Ketan Rawagede
makanan khas karawang opak ketan
Opak ketan mungkin hampir ada di setiap daerah, tetapi opak ketan di Rawagede ini memiliki rasa yang lain dari yang lain. Ada rasa khas tersendiri dibanding opak-opak ketan lainnya. Opak ketan Rawagede bentuknya kecil-kecil, sangat berbeda sekali dengan opak ketan buatan orang lain yang besar-besar. Jadi hanya 2 kali gigit langsung habis. Kelebihannya adalah pada rasanya yang renyah dan gurih yang akan membuat kita ketagihan.Terutama untuk opak yang baru dibakar.
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat opak ketan tersebut tidaklah terlalu istimewa. Bahan-bahan yang biasa beredar dipasaran sudah cukup baik menghasilkan opak ketan yang gurih dan garing. Memang kalau mau lebih baik lagi, bahan-bahannya harus yang kualitasnya lebih bagus lagi, tapi ini juga sudah enak dan beda dengan yang lain, Beras ketan, santan kelapa, sedikit garam sudah cukup untuk menghasilkan opak ketan yang gurih dan garing.

3.Ikan Gabus Bumbu Pucung
makanan khas karawang gabus bumbu pucung
Makanan khas Karawang yang tak kalah lezat adalah ikan gabus bumbu pucung .Menu khas ini adalah sayur ikan gabus bumbu pucung. Menu khas ini sebenarnya masakan khas betawi yang disebut “Gabus Pucung” yaitu ikan gabus yang dimasak dengan pucung/keluwak (mirip dengan masakan rawon khas Jawa Timur). Satu kilogram Ikan gabus, yang jumlahnya antara tiga dan empat ekor, dapat dimasak menjadi lima porsi. Seporsi sayur gabus dijual Rp. 6,000 – 12.000.
Ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dijual dalam keadaan hidup, segar maupun menjadi gabus asin. Menurut pak Nana (38) salah seorang pemasok ikan gabus di warung makan, bahwa ikan gabus yang Ia peroleh berasal dari tangkapan alam, bukan dari hasil budidaya. Nah loh, pantesan mahal. Apalagi penyebarannya tidak merata, hanya ada di Lemahabang, Rawamerta, Telagasari dan loncat ke Bekasi di Kec. Sukatani dan pengelolanya biasanya masih keturunan Betawi.

4.Pepes Walahar

makanan khas karawang pepes
Inilah pepes  yang kondang di Karawang. Lokasinya tak jauh dari pintu tol karawang timur yang menuju ke kawasan industry Texmaco. Disini anda akan menemukan sebuah bendungan yang bernama walahar. Lokasi kedai pepesnya terletak di seberang bendungan, melalui sebuah jembatan kecil. Menu yang paling dicari oleh banyak orang sudah tentu adalah pepesnya, ada beberapa jenis pepes disini, diantaranya: pepes ayam, pepes jambal, pepes jamur, pepes teri, pepes oncom, pepes ikan mas, pepes tahu, dan pepes usus.
Pepes ini biasa disajikan bersama lalapan, tahu dan tempe goreng, serta sambal terasi. Tetapi yang menjadi menu favorit makanan khas karawang adalah pepes jambal. Dengan ikannya yang empuk dan gurih dalam balutan yang sedap betul yang biasanya disediakan dengan aneka lalapan, tahu, dan tempe goreng serta sambal terasi.
Pepes Walahar cukup kondang di telinga orang-orang Karawang dan juga orang luar kota, tak jarang banyak yang rela jauh-jauh datang dari luar kota untuk menikmati kelezatan pepes disini. Kedai ini didirikan oleh H. Dirdja dan Hj. S. Kurnia sejak tahun 1987, namun lebih terkenal dengan nama Pepes Walahar karena lokasinya berdekatan dengan bendungan Walahar yaitu terletak di seberang bendungan.

5.Soto Gempol
makanan khas karawang soto haji abdul
Soto yang satu ini sangat terkenal di kota Karawang, siapa lagi kalau bukan soto gempol. Sebagian besar warga Karawang sudah sangat mengenal soto Gempol, maklumlah soto ini sudah ada sejak tahun 1980-an oleh H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah.Menu andalan disini sudah tentu adalah Soto Gempol-nya, tersedia 4 pilihan soto diantaranya : soto ayam, soto daging, soto babat, dan soto usus. Tapi jika mau mencoba semuanya tinggal pesan saja soto campur.
Soto gempol mirip dengan soto betawi, cuma soto gempol warna kuahnya lebih kekuningan sedangkan soto betawi kuah santannya berwarna putih. Biasanya disajikan bersama taburan emping dan daun bawang, disertai dengan acar dan perasan jeruk nipis membuat soto ini menjadi semakin gurih dan lezat. Layanan yang diberikan di soto gempol lumayan cepat sehingga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama.

6.Soto Tangkar Mang Nean
makanan khas karawang soto pak nean
Salah satu makanan khas Karawang adalah soto tangkar, soto ini mudah ditemukan di berbagai jalan di kota Karawang. Salah satu soto tangkar yang terkenal adalah soto tangkar mang nean yang mulai buka pukul 10 pagi hingga pukul setengah 11 malam. Walaupun cuma warung kaki lima, tapi soto tangkar mang nean tak kalah rasanya dengan yang ada di restoran-restoran besar.
Soto disajikan dalam mangkuk dengan kuah santan berwarna kekuningan, dengan pelengkapnya nasi putih, emping, sambal dan jeruk nipis. Soto tangkar mang nean terkenal dengan kikilnya yang empuk dan gurih tidak seperti kebanyakan soto tangkar yang lain. Selain menu soto tangkar, tersedia juga sate empal, sate otak, dan sate jeroan.

7.Tahu Bumbu
makanan khas karawang tahu bumbu
Di Karawang, Anda bakal menjumpai banyak sekali penjual menu tahu bumbu. Sebagian besar dijajakan dengan gerobak di pinggir-pinggir jalan menggunakan kedai tenda sederhana. Salah satunya di salah satu ruas jalan yang menjadi pusat kuliner di Karawang, yaitu di Jl. Dewi Sartika. Di sana ada kedai tahu bumbu sari rasa yang sudah ada sejak tahun 1986. Tahu bumbu sebenarnya mirip dengan olahan tahu di beberapa daerah, namun berbeda nama.
Menu ini menyajikan tahu yang digoreng, lalu disajikan dengan nasi atau irisan lontong. Penyumbang kelezatannya tentu saja dari saus kacang tanah yang kental, sedikit pedas, plus kucuran kecap manis. Taburan bawang goreng dan kerupuk jadi pelengkapnya. Nah, menu seharga Rp 6.500 ini pun siap disantap. Sekilas menu ini mirip dengan kupat tahu di Bandung, atau nasi tahu di Kudus. Tahu dan saus kacang sepertinya menjadi paduan umum dalam kuliner Indonesia.
Sebagai lauk tambahan, tersedia bakwan, risoles, hingga telur asin yang bisa Anda pilih. Kedai milik Bpk. Edo ini berada bersama deretan Kedai Soto tangkar mang nean yang kondang itu. Dalam sehari, kedai ini menghabiskan 1-2 papan tahu. Agar sajiannya selalu hangat, tahu terus menerus digoreng menggunakan api kecil. Jadi terkadang ada tahu yang kulitnya sampai kering dan justru banyak disukai.
8.Ayam Panggang M Ochit
makanan khas karawang m ocit

Makanan khas  karawang selanjutnya yaitu ayam panggang. Salah satu kedai yang cukup ramai adalah milik M. Ochit . Letaknya di depan SD Mandalasari. Konsep kedainya juga menggunakan tenda sederhana, tapi cukup provokatif karena panggangannya diletakkan di luar dengan asap yang membubung kemana-mana. Tumpukan ayam utuh juga tampil ‘mengundang’ dibalik kaca gerobaknya. Ayam panggang di sini dijual per ekor. Konsepnya memang lebih untuk makan ramai-ramai di rumah atau untuk oleh-oleh.
Uniknya, ayam ini sama sekali tidak direbus dulu dengan bumbu, melainkan dibumbui dalam kondisi mentah saja. Bumbunya terasa gurih, bersama warung kuning pertanda ada peran kunyit sebagai komponen bumbunya. Ayam dilipat sedemikian rupa sehingga paha dan sayapnya saling melipat kokoh. Saat pembeli datang, barulah ayam dipanggang sampai matang.Saat dicicipi, wah, bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Selain itu dagingnya juga empuk, mudah sekali disobek. Soalnya pakai ayam kampung muda, sekitar umur 4 bulanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...