Selamat Datang & Selamat Membaca

Minggu, 14 Mei 2017

Makanan khas Gresik

MAKANAN KHAS GRESIK

1. Nasi Krawu



makanan khas gresik nasi krawu enak
resepdanmasakan.com

Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik yang menjadi andalan dan disukai banyak kalangan sampai saat ini. Maksud saya, benar-benar sangat dinikmati penikmat makanan khas Gresik.

Apa yang menjadi pembeda dari sego-sego atau nasi-nasi yang lainnya adalah kepulenan, yang setelah itu disajikan dengan daun pisang. Beuh.
Lauk yang disertakan ke dalam Nasi Krawu biasanya berupa semur daging, sisitan daging sapi, sampal terasi, jeroan sapi, dan serungan.
Dari tampilan mungkin sederhana, tapi rasanya gak usah ditanya. Enyak enyak.

2. Jubung Khas Gresik



makanan khas gresik jubung enak
eastjava.com

Bagi orang luar Jawa Timur, atau bahkan luar Gresik, pasti akan asing ketika mendengar kata Jubung. Jubung adalah jajanan yang dimasak dengan bahan dasar ketan hitam yang di atasnya ditaburi wijen.
Makanan khas Gresik ini dinamakan Jubung karena ya … ketan hitam dan wijen tadi dibungkus dengan menggunakan jubung yang terbuat dari kulit pohon pinang.
Jubung juga terdapat di kota-kota lain seperti Jember. Tetapi di Gresik, kamu juga dapat menemukan Jubung. Jubung Khas Gresik.
Nah, bila kamu berlibur ke Gresik, jangan lupa buat mencicipi kuliner ini, ya.

3. Sego Rumo



makanan khas gresik sego rumo enak
cumilebay.com

Sego Rumo ini terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan pincuk daun pisang. Dicampur dengan api-api rebus, daun singkong, dan remahan kerupuk atau rempeyek. Kemudian … disiram dengan kuah kental  dan ditaburi serundeng (bumbu dari kelapa). Mantap!
Kuah ketal yang menjadi selimut Sego Rumo mirip seperti bubur sumsum namun berwarna merah sedikit kecoklatan dan rasanya gurih-gurih sedap.

4. Otak-otak Bandeng



makanan khas gresik otak-otak bandeng enak
bisnisukm.com

Otak-otang Bandeng adalah makanan khas Gresik yang terbuat dari Ikan Bandeng yang sebelumnya sudah dipisahkan daging dan kulitnya untuk kemudian dihaluskan.
Setelah halus, daging bandeng diberi bumbu-bumbu khas Gresik yang rahasia. Lalu setelah daging diberi bumbu-bumbu, dimasukkan lagi ke dalam badan ikan. Dikukus sampai matang.
Otak-otak Bandeng termasuk kuliner favorit di Gresik. Jadi kalau kamu berwisata ke daerah ini, jangan lewatkan Otak-otak Bandeng, atau kamu akan menyesal.

5. Bonggolan



makanan khas gresik bonggolan enak
dkaekas.wordpress.com

Bonggolan dibuat dengan bahan dasar daging ikan yang dibalut dengan tepung kanji yang sudah dicampur bawang putih dan garam. Terkadang juga memakai penyedap rasa seperti royco, masako, dll.
Seperti makanan khas Gresik yang sudah disebutkan di atas, bonggolan ini juga dibungkus menggunakan daun pisang. Bentuknya bulat memanjang.
Tertarik mencicipinya? Enak, lho!

6. Pudak



makanan khas gresik pudak enak
kuliner-pilihan.blogspot.com

Makanan khas Gresik yang satu ini tentu tidak asing lagi buat kamu yang sudah pernah pergi ke Gresik. Rasanya enak dan menggoyang lidah.
Banyak sekali penikmat pudak di Gresik, soalnya pudak adalah makanan ringan kue yang terbuat dari tepung beras, gula jawa / gula pasir, dan santan kelapa yang kemudian dibungkus dengan kemasan pelepah daun pinang; masayarakat sekitar menyebutnya dengan ‘ope’.

7. Sego Karak



makanan khas gresik sego karak enak
emakmbolang.com

Sego Karak / Nasi Karak ini dulunya dibuat dengan nasi sisa-sisa. Tetapi sekarang ini tidak. Sego Karak sudah dibuat dengan nasi yang masak dan baru.
Nasi tersebut kemudian dikeringkan lalu dimasak kembali bareng dengan ketan hitam. Rasa Sego Karak ini sangat nikmat dan khas; enak disajikan dengan lauk-lauk lain seperti rempeyek, tempe goreng, kerupuk, dll.
https://satriabajahitam.com/makanan-khas-gresik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...