Selamat Datang & Selamat Membaca

Selasa, 09 Mei 2017

Makanan khas Banjarnegara

Makanan khas Banjarnegara 
  1.  Buntil Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Buntil adalah salah satu makanan khas Banjarnegara yang wajib kamu coba kelezatannya jika sedang berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah ini. Makanan khas yang sangat enak ini terbuat dari bahan dasar daun singkong atau daun talas yang didalamnya dapat diisi dengan isian seperti parutan kelapa yang telah dibumbui dengan bermacam-macam bumbu terlebih dahulu.

Makanan khas Banjarnegara ini biasanya lebih sering menggunakan daun singkong, dan bukan daun talas. Cara memasak makanan yang namanya buntil ini menggunakan santan kelapa dan tentunya dengan bumbu khas Banjarnegara yang lezat. Jika kamu ingin menikmati kelezatan makanan ini, kamu bisa menyantapnya dengan sepiring nasi yang masih hangat, agar rasanya lebih mantap.
  1. Dawet Ayu Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Makanan khas Banjarnegara selanjutnya yang sangat enak ini adalah dawet ayu. Makanan ini menjadi salah satu makanan khas yang sangat populer di Banjarnegara, karena dawet ayu memang menjadi ikon dari banjarnegara dan seolah menjadi identitas dari Banjarnegara. Bahkan dialun-alun Banjarnegara terdapat patung penjual dawet ayu yang menajadi minuman tradisional dari nenek moyang.
Ciri khas dari makanan khas Banjarnegara ini adalah warna cendolnya berwarna hijau, dan menggunakan pemanis alami dari gula jawa atau gula merah. Minuman khas ini merupakan minuman favorit yang biasa ada diacara-acara resmi seperti pernikahan, pertemuan, seminar dan lainnya. tetapi kamu juga bisa loh menikmati makanan khas Banjarnegara yang satu ini.
  1. Bakso Ketupat Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Selanjutnya makanan khas Banjarnegara yang juga sangat enak dan cukup populer kali ini adalah bakso ketupat. Jika kamu ingin mencoba nikmatnya bakso yang satu ini, kamu bisa datang ke tempat yang menjual bakso ini yang terletak di belakang Polres Banjarnegara, disini terdapat warung bakso yang terkenal dan tak pernah sepi oleh pengunjung yang membeli baksonya ini.
Makanan khas Banjarnegara ini merupakan campuran ketupat yang cukup banyak, jadi kamu tidak perlu kuatir akan kelaparan lagi. Yang membuat makanan ini sangat lezat yakni kaldu sapi yang kental dengan rasa bakso yang enak sekali yang menjadi ciri khas bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara ini. Kamu bisa mendapatkan bakso ini dengan harga 10.000 rupiah saja untuk setiap porsinya.
  1. Combro Kalipelet Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Combro kalipelet adalah nama makanan khas Banjarnegara yang cukup unik. Jika di Bandung makanan ini disebut dengan comro yakni tanpa B, sedangan kalau di Banjarnegara disebut dengan combro yakni menggunakan huruf B. Makanan yang satu ini harus kamu coba, karena jajanan khas ini sangat alami.
Makanan khas Banjarnegara ini disebut dengan combro kalipelet karena masyarakat Kalipelet Banjarnegara memang dikenal memiliki keahlian dalam membuat Combro dengan cita rasa yang khas. Jajanan khas Banjarnegara ini terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon yang dihaluskan kemudian diberi isian yang menggunakan campuran antara rasa pedas, asin dan manis.
Biasanya makanan khas Banjarnegara ini dimasak dengan cara digoreng dengan menggunakan minyak. Makanan ini paling cocok jika dinikmati dengan secangkir teh manis di sore hari yang dingin. Selain itu Combro kalipelet ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Banjernegara bagi para wisatawan yang datang ke Banjarnegara untuk dibawa k kampung halamannya.
  1. Mendoan Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Mendoan juga menjadi salah satu makanan khas Banjarnegara yang sangat populer. Mendoan memang makanan khas Jawa Tengah yang cukup berbeda dengan mendoan di beberapa daerah yang juga memiliki kuliner khas berupa mendoan yang sama. Karena di setiap daerah memiliki cara memasak dan menggunakan bumbunya yang berbeda pula di masing-masing daerah.
Makanan khas Banjarnegara ini sama seperti mendoan pada umumnya, yakni terbuat dari bahan utama tempe tipis lebar yang dibalut dengan tepung yang renyah. Ciri khas mendoan Banjarnegara ini adalah adanya irisan daun bawang pada tepung yang dibalutkan ke tempenya. Menyantap mendoan paling enak jika dinikmati dalam keadaan masih hangat bersama dengan cabe rawit atau sambel kecap.
  1. Mie Ongklok Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Berikut ini juga merupakan makanan khas Banjarnegara yang sangat lezat dan banyak dicari oleh para wisatwan yang berkunjung ke Banjarnegara. Makanan khas ini disebut dengan mie ongklok karena cara membuat makanan ini adalah dengan cara di kocok atau dalam bahasa lainnya yakni di ongklok, makanya makanan ini disebut dengan mie ongklok.
Makanan khas Banjarnegara ini sangat enak dan kamu wajib mencoba mie ini jika sedang berkunjung ke Banjarnegara untuk berwisata agar semakin lengkap pula perjalananmu. Karena mie ongklok Banjarnegara ini dibuat dari bahan utama berupa daging sapi atau daging ayam, sawi, ebi, irisan daun kol kemudian disiram dengan kuah kental khas Banjarnegara yang sangat khas nikmatnya.
  1. Soto Krandegan Khas Banjarnegara
Makanan Khas Banjarnegara Paling Enak
Masakan khas Banjarnegara yang memiliki cita rasa lezat serta unik adalah soto krandegan. Meskipun makanan ini hampir mirip dengan soto pada umunya, tetapi jika kamu sedang berada di Banjarnegara, kamu tidak boleh melewatkan makanan khas Banjarnegara yang satu ini, karena rasanya memang berbeda dengan soto lainnya.
Makanan khas Banjarnegara ini mirip dengan soto betawi yaitu menggunakan santan dan isian utamanya berupa irisan daging ayam, potongan ketupat, tauge, kerupuk, taburan bawang goreng dan bahan enak lainnya. Semua bahan kemudian disiram dengan kuah soto Krandegan yang sangat enak tersebut. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual soto krandegan di alun-alun kota Banjarnegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...