Selamat Datang & Selamat Membaca

Minggu, 14 Mei 2017

Makanan khas Situbondo

MAKANAN KHAS SITUBONDO

  1. Tajin Palappa Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Makanan khas Situbondo yang pertama ini adalah tajin palappa khas situbondo. Makanan ini merupakan bubur yang di sajikan dengan bumbu kacang, tetapi bubur ini tidak ada yang berbeda dengan bubur yang ada pada umumnya, dalam penyajian makanan ini yang menjadikan khas tajin palappa ini terletak pada bumbunya, dan resep bubur itu sendiri yang khas dari Situbondo.

Makanan khas Situbondo ini dalam pengolahan buburnya menggunakan santan. Bumbu yang digunakan pada tajin palappa ini sama dengan bumbu pecel akan tetapi lebih encer dari bumbu pecel pada umumnya. Dalam penyajian tajin palappa ini biasanya dihiasi dengan sayuran berupa toge dan kangkung,  bisa juga ditambahkan dengan gorengan ote-ote yang di potong kecil-kecil.
  1. BAKSO RAKSASA Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Kalo makanan khas Situbondo yang tak boleh kamu lewatkan kenikmatanya jika sedang berkunjung ke Situbondo ini adalah Bakso raksasa. Di Situbondo, bakso rakasa ini sudah sangat terkenal dan paling banyak dicari baik oleh masyarakat setempat maupun oleh para wisatwan yang sedag berkunjug ke daerah Situbondo ini untuk jalan-jalan.
Makanan khas Situbondo ini merupakan bakso yang memiliki ukuran sangat besar karena itulah disebu bakso raksasa, selain itu memiliki kuah yang segar dan juga rasa yang sangat mantap. Jika kamu ingin mencoba nikmatnya makanan ini kamu bisa datang langsung ke tempat yang menjual bakso ini yang berlokasi di jl. diponegoro utara, kota situbondo. Ditempat ini menjualbakso raksasa yang sangat enak dan lezat.
  1. Nasi Karak Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Selanjutnya menu makanan khas Situbondo yang juga sangat enak dan populer di Situbondo kali ini adalah nasi karak. Nasi karak khas situbondo ini merupakan nasi yang hampir sama dengan nasi kucing, atau bisa juga mirip dengan sego sadukan. Tetapi makanan khas Situbondo ini memang sangat enak dan lezat, jadi kamu wajib mencicipinya jika sedang berkunjung ke daerah Situbondo.
Makanan khas Situbondo ini merupakan nasi yang di beri taburan parutan kelapa, biasanya dalam penyajian makanan khas yang satu ini di tambahkan dengan lauk yang biasa kita temui yakni berupa tahu dan tempe goreng, serta bisa juga di tambahkan dengan lauk ikan tongkol yang khas, sehingga menjadikan makanan ini menjadi lebih nikmat untuk disantap.
  1. AYAM GORENG Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Nah makanan khas Situbondo berikutnnya yang juga sangat lezat ini adalah ayam goreng. Memang ya ayam goreng sangat mudah untuk ditemui dimana saja dan bahkan kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Tetapi ayam goreng khas situbondo yang satu ini memang cukup berbeda dengan ayam goreng lainnya, karena ayam gorengnya sangat gurih dan bumbunya bisa meresap sampai serat dagingnya yang terdalam.
Selain itu makanan khas Situbondo ini ayamnya menggunakan ayam kampong, sehingga rasanya lebih gurih. Biasanya penyajian makanan ini menggunakan sambal yang menjadikan ayam goreng ini semakin nikmat untuk disantap. Nah jika kamu ingin mencoba ayam goreng kahs Situbondo ini, kamu bisa datang ke temapt yang menjual makanan ini yang berlokasi di depan kator perikanan kota situbondo.
  1. Rujak Petis Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Rujak Petis juga merupakan salah satu makanan khas Situbondo yang juga sangat khas. Makanan khas situbondo ini merupakan makanan yang terdiri dari beberapa macam rempah-rempah yang ada di situ bondo. Rujak khas Situbondo ini terdiri dari berbagai macam irisan mentimun, mangga muda, kedondong, tahu, bengkoang, kangkung dan kecambah.
Semua bahan untuk makanan khas Situbondo ini di sajikan dengan hangatnya siraman resep bumbu khas yang terbuat dari olahan gula merah, cabai, bawang goreng, garam, kacang tanah, pisang muda, sedikit air, dan petis udang yang gurih tentunya. Kemudian semua bahan di aduk menjadi satu dalam satu wadah. Dan kamu wajib mencoba kenikmatan rujak petis khas Situbondo ini.
  1. BEBEK BAKAR Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Menu makanan khas Situbondo yang juga tak kalah lezatnya ini jika dibandingkan dengan makanan lainnya adalah bebek bakar. Mungkin bebek bakar juga mudah ditemui di beberapa daerah. Tetapi makanan khas yang satu ini memiliki rasa yang sangat enak, gurih dan juga bumbu rempahnya bisa sangat meresap ke dalam daging bebeknya.
Selain bebeknya yang enak, bumbu yang di sajikan untuk makanan khas Situbondo ini pun tidak kalah matapnya. Jika kamu sedang berkunjung ke situbondo dan ingin merasakan kenikmatan bebek bakar ini, kamu bisa datang ke tempat yang menjual makanan khas Situbondo ini yang berlokasi di jl. Asem Bagus, tepatnya yakni di depan pasar patok situbondo.
  1. Nasi Kaldu Khas Situbondo
Makanan Khas Situbondo Paling Enak dan Populer
Yang terakhir, makanan khas Situbondo yang tak boleh kelewatan untuk kamu coba ini adalah nasi kaldu khas Situboondo. Nasi kaldu ini mempunyai ciri khas tersendiri dari makanan lainnya yakni dengan warnanya yang agak kecoklatan. Dan kuah supnya pun juga lebih kental dengan rasa yang sangat enak dan gurih dilidah ketika disantap.
https://halomuda.com/makanan-khas-situbondo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...