Selamat Datang & Selamat Membaca

Minggu, 14 Mei 2017

Makanan khas Kediri

MAKANAN KHAS KEDIRI

  1. Sate Bekicot
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Sate bekicot adalah menu makanan khas kediri yang bisa kamu coba kenikmatannya. Makanan ini terbuat sari bahan dasar daging bekicot. Pusat dari makanan khas dari Kediri yang satu ini adalah berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, tepatnya 10 kilometer dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul yang terkenal.

Selain menyediakan sate bekicot, di daerah tersebut juga menyajikan makanan olahan dari bekicot lainnya yang tak kalah enak dan lezatnya, seperti krengsengan bekicot, kripik bekicot, dan oseng-oseng bekicot. Pokoknya makanan khas kediri ini memang menjadi makanan yang paling dicari karena rasanya memang enak dan gurih.
  1. Tahu Takwa
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Selanjutnya nama makanan khas kediri yang juga sangat populer ini adalah tahu takwa. Sebenarnya tahu takwa ini pertama kali dikenalkan oleh pengusaha asal Cina yang bernama Bah Kacung. Tahu ini merupakan oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912. Pengambilan nama takwa sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma.
Makanan khas kediri ini mempunyai rasa yang gurih dan aromanya sangat menggoda, bahkan tidak ada rasa masam sama sekali seperti yahu pada umumnya. Karena itulah membuat tahu takwa ini berbeda dengan tahu lainnya. jika digoreng, kulit luarnya akan lebih garing dan crispy, tapi bagian dalamnya tetap terasa lembut. Itulah yang menjadi ciri khas dari makanan ini.
  1. Tahu Poo
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Tahu Poo juga masih termasuk dalam daftar makanan khas kediri, tetapi tahu poo ini berbeda dengan Tahu Takwa, karena ketika digoreng, bagian tengah dari Tahu Poo bisa mengembang atau menjadi kosong. Untuk menikmati tahu poo ini biasanya paling enak dijadikan sebagai camilan bersama sambal petis yang pedas agar rasanya semakin nikmat.
Makanan khas kediri yang satu ini bisa kamu dapatkan di jalan Yos Sudarso, disini kamu akan melihat banyak toko tahu Poo yang penuh dengan orang-orang yang berbelanja sebagai oleh-oleh khas dari darah Kediri untuk para keluarga dirumah.
  1. Stik Tahu Kediri
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Masih dengan berbahan tahu, kali ini makanan khas kediri yang enak ini adalah sti tahu Kediri. Makanan ringan ini bisa kamu dapatkan sebagai oleh-oleh di pusat perbelanjaan di jalan Pattimura dan jalan Yos Sudarso. Stik tahu ini memiliki tekstur lembut tapi tetap crispy ketika digigit. Jika kamu berkunjung ke Kediri, kamu bisa membawa pulang oleh-oleh stik tahu ini untuk keluarga dirumah.
Makanan khas kediri yang terbuat dari tahu dan diolah dengan cara tradisional dengan campuran berbagai rempah ini sangat cocok dijadikan cemilan bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Karena makanan ini memiliki kadar protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.
  1. Nasi Pecel Tumpang
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Kalo makanan khas kediri yang satu ini adalah nasi pecel tumpang. Sebenarnya makanan yang satu ini sudah banyak terdapat di berbegai daerah di Indonesia. Tetapi selalu ada ciri khas tersendiri dari nasi pecel yang ada di setiap daerah, salah satunya yakni di Kediri. Di Kediri yang paling terkenal adalah Nasi Pecel Tumpang yang rasanya memang enak dan lezat serta menyehatkan karena terbuat dari sayur.
Makanan khas kediri ini biasanya disajikan di atas pincuk daun pisang saat nasi masih mengepul hangat, lalu diatasnya diberi sayuran daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda dan kecambah, kemudian disiram diatasnya dengan sambal pecel dan sambal tumpang.
Sambal tumpang terbuat dari bumbu yang komplit, ada rasa pedas, asin, gurih berpadu dengan sambal pecel yang berasa pedas manis. Setelah disiram sambal tumpang, diatasnya ditaburi lalapan rajangan mentimun, lamtoro dan daun kemangi. Lauk yang biasa disajikan untuk makanan khas kediri adalah perkedel singkong, tempe atau tahu goreng serta terakhir sebagai pelengkap yaitu di tambahkan peyek.
  1. Sate Emprit
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Selain sate bekicot, makanan khas kediri yang juga sangat enak ini adalah sate emprit. Sate emprit khas Kediri ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar dari burung emprit. Cara pengolahannya adalah burung emprit dibakar lalu diolah seperti masakan sate biasanya.
Sate emprit diberi air yang tercampur dengan asam, gula merah, serta bawang putih sebagai penyedap rasanya sebelum dibakar. Setelah dibakar lalu dioles dengan bumbu sate yaitu kecap yang dicampur dengan sambal kacang. Biasanya dalam satu sunduk terdapat 2 daging burung emprit.
Biasanya makanan khas kediri ini di padukan dengan saos bumbu sate dan dalam penyajianya diberi lalapan, seperti timun dan irisan bawang merah. Nah jika kamu penasaran dengan makanan yang satu ini, kamu bisa datang berkunjung ke Kediri semabri menikmati langsung lezatnya sate emprit yang cukup berbeda dari sate biasanya.
  1. Gethuk Pisang
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Makanan khas kediri yang bernama gethuk pisang ini merupakan makanan berupa olahan yang terbuat dari bahan dasar buah pisang. Gethuk pisang ini memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan rasa legit. Biasanya gethuk pisang ini dibentuk menyerupai lontong dan dibalut dengan daun pisang.
Kamu bisa mendapatkan makanan khas kediri ini dengan mudah, karena di sepanjang jalan Dhoho kamu bisa menemukan lapak-lapak yang menjual gethuk ini. Satu hal yang harus diperhatikan jika ingin membelinya, kamu harus berhati-hati dalam memilih. Karena ada penjual yang biasanya membuat Gethuk pisang dengan daun pembungkus yang tebal sekali, jadi isinya hanya sedikit saja.
  1. Soto Kediri
Makanan Khas Kediri Paling Enak
Soto merupakan makanan yang paling mudah ditemukan, salah satunya makanan khas kediri yakni Soto Kediri. Soto Kediri ini juga sama seperti soto ayam pada umumnya, tetapi soto ini mempunyai cita rasa yang lebih gurih, nikmat dan sedap yang cukup berbeda sehingga kamu tidak bisa menemukannya pada soto-soto yang lainnya.
https://halomuda.com/makanan-khas-kediri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari tradisional Kalimantan Selatan

TARI TRADISIONAL KALIMANTAN  SELATAN 1.       Tari Baksa Kembang   Tari baksa  kembang merupakan tarian klasik khas kalimantan selatan ...